Header Ads

ad

Mendaki Gunung Saat Musim Hujan? Ayok!

Mendaki Gunung Saat Musim Hujan? Ayok!
Resiko Mendaki Gunung Musim Hujan

Pernah ngerasain binggung nggak sih ingin naik gunung tapi lagi musim hujan? Wah itu paling nggak enak kan bro rasanya?! Sebagai seorang manusia yang udah kecanduan naik gunung terkadang susah banget untuk menahan kaki yang kayanya gatel banget pengen nanjak, nggak peduli cuaca lagi bagus atau nggak. Yang bikin repot adalah ketika lo lagi sakau ingin naik gunung, tapi cuaca lagi kurang bersahabat alias musim hujan.



Nah, cuaca yang seperti itu bikin kamu bimbang banget kan pastinya? Mau turutin hasrat tapi terhalang cuaca. Terus apa yang harus lo prioritaskan? Keinginan atau kesalamatan? Tenang bro, lo masih tetap bisa mendaki gunung di saat musim hujan kok asalkan lo tahu tips aman mendaki gunung ketika musim hujan.
Sebelum kita bahas soal naik gunung di musim hujan, kita harus perhatikan hal-hal berikut ini
Persiapan yang benar-benar matang
Kita semua tahu kalau mendaki gunung adalah perjalanan yang mengandung resiko, terlebih lagi ketika musim hujan. Persiapan yang  benar-benar matang adalah kunci utamanya. Perlengkapan, mental, dan fisik semuanya harus dipersiapkan dengan sangat baik. Minimal satu  minggu sebelum pendakian lo harus menjaga kesehatan seperti rutin minum vitamin biar daya tahan tubuh lo meningkat.
Disamping itu, perlengkapan pendakian lo nggak kalah penting, intinya lo harus siap tempur di medan yang besar kemungkinannya basah karena hujan. Cover carrier dan alas tenda lo jangan sampai bocor, apalagi kalau sampe ketinggalan, wah amit-amit bro.
Jas hujan atau ponco adalah senjata ampuh untuk melindungi badan lo dari basah kuyup menggigil. Selain itu jas hujan atau ponco bisa menjadi tenda bivak untuk lo berteduh. Kanebo atau spon juga berguna untuk menyerap air dari barang-barang lo yang masih ada kemungkinan basah. Oh iya, ketika musim hujan, sepatu yang lo pakai pun harus lah yang anti slip dan disarankan pakailah sepatu yang kedap air. 
Cermat Memilih Gunung Yang Dituju
Meskipun lo udah 'senior' di dunia pendakian, dan juga sudah mempersiapkan segala sesuatunya tapi jangan pernah maksain kehendak ya bro. Ketika musim hujan, resiko yang lo hadapi bakal dua kali lipat sulitnya dibanding musim kemarau. Trek yang dua kali lebih terjal dari biasanya dan badai hujan siap menghantam lo kapan aja. Pilih trek yang tidak terlalu terjal, kurang lebih panjang treknya pun nggak lebih dari 15 KM. 
Jangan ragu-ragu untuk balik turun kalau keadaan cuaca nggak memungkinkan untuk muncak, lo nggak bakal dianggap cupu kok, justru lo bijaksana kalo lo ngelakuin hal ini. Puncak gunung biasanya tujuan utama buat para pendak, tapi puncak bukan segalanya kan? Inget safety first bro, pendaki hebat adalah pendaki yang mampu mengalahkan egonya sendiri alias jangan segan untuk berlaku bijaksana di saat pendakian dalam situasi yang kurang bersahabat.
Yang paling terakhir sebenarnya sederhana namun sarat makna, sebagai orang yang beragama tentu alangkah lebih baiknya lo berdoa dulu sebelum melangkahkan kaki menuju gunung yang bakal dituju. 

Pantau selalu perkiraan kondisi cuaca terbaru

Cek selalu perkiraan cuaca terkini, jika kondisi hujan sangat buruk (badai), jangan ragu untuk membatalkan atau menunda pendakian, lebih baik sedikit kecewa daripada menyesal nantinya.

Riset secara mendetail sampai anda benar-benar mengenal dengan baik segala informasi dari gunung yang akan dituju

Jika tetap ingin menuju ke tempat pendakian idaman anda, pelajari baik-baik informasi jalur pendakian yang ada, hindari jalur-jalur dengan potensi bahaya yang besar, cari jalur alternatif yang lebih aman.
Mendaki adalah soal menaklukkan ego. Terkadang, ego membuat kita ingin terus mendaki ke puncak meski keselamatan jadi taruhannya. Inilah saatnya kamu menaklukkan dirimu sendiri.
Jika cuaca memang tidak memungkinkan untukmu mencapai puncak, tak perlulah memaksakan diri. Sebab, tujuan utama kita mendaki adalah pulang dengan selamat. Toh, puncak masih bisa didaki lagi lain kali, bukan?
Nah, dengan melakukan beberapa tips di atas, mudah-mudahan kamu bisa menikmati pendakian meski sedang musim hujan.
Baca juga artikel berikut :

3. >> Milad Pendaki Gunung Indonesiahttps://tehnikpendaki.blogspot.co.id/ <<
Di Tulis Oleh : Bagas Budi Satria
Di Unggah Disunting Oleh : Rahmat Winarno
Di Dukung Oleh :

Blibli.com - Belanja Online Murah - Bisa Cicilan 0% Free Ongkir




No comments